Minggu, 12 Januari 2014



NAMA REZKI AMELIA
3A
BIOLOGI

HASIL TUGAS ILMIAH
PERKECAMBAHAN KACANG PANJANG
( jalani hidup dengan ikhlas dan selalu lah berdo’a agar hidup selau indah )

Pada bangku perkuliahan saya, tepatnya semester tiga,mata kuliah morfologi tumbuhan kami diberi tugas ilmiah oleh dosen pembimbing mata kuliah tersebut yaitu menanam berbagai macam per kecambah,kami dibagi menjadi beberapa kelompok.dan dalam kelompok tersebut dibagi lagi tugasnya mau menanam kecambah apa,jadi intintinya tugas kelompok tapi sama dengan tugas pribadi.
Saya mendapat menanam kacang panjang,praktek ilmiah ini tanaman nya harus sampai berbuah,jika ada kesalahan atau kendala lapor kepada bapak secepatnya.pada minggu itu saya mulai menanam kacambah kacang  panjang. Dan tanaman saya dapat tumbuh dengan baik dan subur.sesuai dengan perbandinagn materi berikut ini tempat saya menanam tanaman kacang panjang ini memang pas denagn di tanah yang saya tanam.
Kacang panjang (vigna sinensis) termasuk dalam familifabaceaae dan merupakan merupakan salah satu komuditisayuran yang banayk diusahakan di daerah dataran rendah pada ketinggian 0-200 m dpl.kacang panjang merupakan salah satusumber protein nabati yang banyak dikonsumsi sebagian besar penduduk Indonesia.
Persyaratan tummbuhnya kacang tanah adalahpada dasarnya kacang panjang dapat di budidayakan pada berbagai jenis tanah,namun jenis tanah yang paling cocok lagi adalah tanah regosol.latoson dan alluvial.tanaman tersebut dapat tumbuh di daerah dataran rendah,maupun dataran tinggi.
 
Gambar 1.1
Saya menanamnya di atas perlak,prosesnya,saya tumpuk tanah seecukupnya kemudian gundukantanah tersebut saya tutupi dengan perak agar gulma tidak ada yang tumbuh,dan nutrisi yang diberikan atau obat-obatan sebagai penunjang kesuburannya tidak diserap gulma.memang tampaknya kerja saya merepotkan dan mahal,tapi sebenarnya tidak,plastic itu saya gunakan sisa petani yang berkebun,jadi yang sudah tidak digunakannya lagi,menanam sepeti ini lebi santaipada saat kacang tumbuh hingga batasnya di pindahkan,kita tidak akan sibuk dengan membersihkan gulma yang tumbuh di sekelilingnya.jadi gambar diatas adalah gambar kacang panjang yang masih muda usianya.hanya terdiri atas dua helai daun . per batangnya yang masih kecil dan pendek,tinggi batangnya hanya beberapa senti
Menurut saya kacang panjang diatas sudah bagus pertumbuhannya,kenapa saya berkata demikian karena batangnya yang cukup besar,sesuailah denagn usianya,batangnya juga terlihat hijau bukan kuning atau kecil.darisegi daunnya juga sudah bagus pertumbuhannya karena lebar dan panjang daunnya sudah pas dengan umurnya,jadi menurut saya zat hijaudaunnya cuup,dan cahaya mataharinya juga cukup..




 
Gambar 1.11
Tumbuhan Ini kacangnya pada umur lebih dua minggu,saya sudah mulai memberinya pupuk seperti pupuk urea yang terlihat jelas pada gambar,pada lubang ini Cuma tinggal dua batang lagi kacang panjangnya,karena yang duanya saya pindahkan ke tempat lubang yang masih kosng.pada gambar diatas sudah terlihat sangat jelas perubahan secara morfologinya,missal daun pada gambar sebelumnya Cuma ada dua helai sekarang menjadi lima helai daun,dua helai yang tumbuh duluan daunnya agak lebar,dan yang paling pasti warnanya warna hijau agak tua(hijau pekat),sedangkan tiga daun yang baru atau pucuknya kecil warnanya hijau kekuningan.pada tanaman  kacang panjang ini jaga sudah memperlihatkan pucuk barunya tapi masih kecil,pada usia ini ukuran panjang batang kacang panjang sekitar12cm,jadi sudahlumayan panjang,pada gambar juga terlihat perbedaan daun antara daun yang pertama tumbuh pada masing-masing batang,pada daun batang yang satu nya daun nya panjang,pada ujung daunnya runcing,pada daun satunya lagi daunnya bulat ujungnya bergerigi.
 


Gambar 1.111
ini sambungan dari gambar 1.11 sembilan  hari setelah pengambilan dari gambar 1.11 maka ini adalah hasilnya perkembangan selanjutnya,daunnya sudah semakin banyak,batangnya tambah tinggi,daunnya semakin lebar dan besar,dan dahannya atau cabangnya sudah mulai terjulur,sepertinya sudah melihatkan jati diri dari kacang panjang bahwa kacang panjang besarnya akan akan banyak cabang yang panjang sehingga memerlukan tempat menempelnya.
Awalnya kita memang harus repot sedikit karena secara tidak langsung kita harus melilitkan cabang tumbuhan yang sudah menjulur atau yang sudah seharusnya memang memerlukan tempat untuk melilit.Kira-kira hal yang seperti ini pada saat tanaman berumur satu bulan.nanti untuk selanjutnya akan bias untuk melilit sendiri., tapi sebenarnya jika tidak kita ajarkan untuk melilit,kacang panjang yang mempunyai cabang yang panjang bias melilit sendiri tapi lama.tempat melilutnya sediakan saja kayu kering dua buah,terus tancapkan sekeduanya dan ujung yang satuyang paling atas ikat dengan tali.ini hanya satu wadah untuk satu batang pahon kacang.jadi setelah tanaman kacang berumur sebulan ini lah langkah yang harus dikerjaakan.jika tanaman kacang sudah memanjat atau melilit pada kayu yang sudah di sediakan kelihatanya indah,dan terfikir oleh saya tumbahan saja bias dia mengatur hidunya sebagaimana mestinya pada hal tumbuhan kacang tidak memiliki akal untuk memanjat ke atas,itu lah kuasa Allah,tapi kita manusia yang sudah di ciptakan dengan akal fikiran malah tidak bertindak atau berbuat dalam hidup sebagaimana mestinya.

 


Gambara I.IV
Gambar I.IV merupakan gambar yang pengambilannya sama dengan gambar I.III tapi pada tanaman yang berbeda letaknya pula,hasilnya hampirsama dengan gambar I.III.dan sepertinya tanaman kacang panjang ini sudah saatnya dipindah ke tempat lain agar tanaman kacang panjang ini bisa tumbuh bebas,dan lebih cepat pertumbuhan dan perkembangannya karna lahan atau tempatnya yang luas pula,kalau tidak cepat dipindahkan dikawatirkan tanaman kacang panjang pertumbuhannya terganggu,dan kekurangan zat makanan.tanaaman kacang memerlukan tempat yang lapang untuk berkembang,jika dekat-dekat tanamannya nantik salah satunya susah tuk berkembang,bahkan kedua-dua tanamankacang.jadi kalau teman-teman semua kalw ingin tanamannya tumbuh dengan baik jadi inilah salah satu langkahnya.pada umur kacang yang sekarang panjang batangnya:14 cm,lebar daun  9 cm,daun tuanya berwarna hijau tua,daun yang muda atu pucuk berwarna hijau ke kuning-kuningan.pucuk yang masih hijau kekuning-kuningan ini pada hari esoknya akan lebih besar pertumuhannya dan warna daunnya juga berubah menjadi hijau agak pekat lagi dari pada warna daun nya yang muda berwarna hijau kekuningkuningan.


 

Gambar I.VI
Pada gambar I.VI ini morfologi daunnya semakin banyak,daunnya lebar-lebar,dan yang terlihat setiap cabang hanya terdiri dari tiga daun,pada usia ini tinggi kacang sudah sejengkal saya,tanaman kacang ini memang batang nya tidak terlalu tinggi,tapi cabang-cabangnya yang panjang jika sudah panjang memerlukan bantuan alat untuk dia melekat atau menempel.
gambar .VII


            Pada umur ini kacang panjang sudah banyak memakna lahan,daunnya yang semakin rimbun.sudah saatnya dikasi tiang unntuk memanjat agar lebih Nampak rapid an indah,saya belum sempat mencarinya jadi seperti ini lah jadinya,dan saya sudah harus mencabuti gulma-gulma yang ada di sekelilingnya.

 



Gambar. IX
Pada gambar IX.kacang panjang saya sudah besar dan sudah kelihatan indah,karena saya sudah saya lilitkan pada kayu seperti yang terlihat pada gambar,gulma-gulmanya pun sudah saya cabut jadi sekeliling tanaman kacang saya ini sudah kelihatan indah dan bersi,saya senang lahan tanaman saya bersih karena jika lahan tanaman kita bersih,tidak adanya gulma tanaman kita akan tumbuh dengan bagus dan subur kawan.
dan kebersihan itu adalah sebagian dari imam.saya senang sekali bapak Ibnu yaitu dosen saya yang ngasih tugas ini kawan saya merasa nyaman liat tanaman saya tumnuh dengan indah,kesenangan tersendirinya ada kawan.tenyata memang enak kalu menyatu dengan alam kawan.saya sudah tidak sabar melihat tanam kacang panjang saya ini berbuah,hmmmmmmmmm pasti enak mengambil atau panennya nantik.pada fase ini tanaman kacang saya sudah menunjukkan tanaman saya perpindahan dari masa anak-anak ke remaja kawan. 
 
Gambar.X
Wah teman  senagn sekaali rasanya,kacang panjang saya sudah tumbuh sangat tinggi hmmmmmmmmmmmmmmmmm pasti sebentar lagi akan berbuah,makin tidak sabar rasanya pengen liat buahnya,dia meter daunnya yang besar berwarna hijau tua 12cm,yang kecil 9cm,tingginya satu hasta tangan saya kawan.dan pada Gambar Xini tanaman saya sudah menjadi tanaman dewasa yang sebentar lagi akan berbunga,dan bunganya akan jadi buah kacang panjang yang pasti.

Gambar.XI
Gambar ini saya ambil pas pengambilan gambar x juga tapi ini tanaman kacang saya yang satu batangnya lagi.ada perbedaan saya lihat tanaman kacang yang satu ini kuang rimbun disbanding tanaman kacang yang Gambar.X,tanaman kacang ini daunnya panjang-panjang,tanaman kacang pada gambar.x lebar-lebar,wananyapun lebih hijau,sedangkan pada Gambar.XI ini daunya agak kekuningan.
Saya sempat kawatir,saya mulai mencari tau kenapa tanaman saya bias berbeda-beda padahal lahannya sama,bibitnya sama,pupuknya sama,intinya sama semua.setelah saya mencari taunya ternyata tanaman saya yang  menurut saya kurang baik tumbuhnya ternyata bukan karena apa-apa dan bukan bermasalah dengan pertumbuhannya,dalam menanam adanya perbedaan morfologinya itu biasa asal jangan berbeda jauh sekali dari tanaman yang bagus tumbuhnya.saya lega jadinya.
 
Gambar.XII

Teman-teaman sebentar lagi tanaman saya akan membawa saya pada impian saya,impian sangat berharga saya,impian yang saya dari sejak mulai menanam tanaman kacang ini,yaitu ingin melihatnya berbuah dan memetinya,asik kan impian saya teman ha ha ha.
Yang terlihat dari tanaman kacang saya itu adalah bunganya yang sebentar lagi menjadi taji buah,yaitu yang akan menjadi buahnya atau kacangnya nantik.bunganya berwarna krem,berhadapan,memang unik bunga kacang ini,bunga itulah nanti akan menjadi buahnya,prosesnya dsri bunga nantik lama-lama menjadi tajinya,lama-lama jadi buahnya.hmmmm saya sudah tidak sabar lagi menunggu bunganya ini berubah menjadi buah,hmmm tapi sepertinya seminggu lagi akan menjadi buah siap dipanennya lebih lah dari seminggu sedikit,gak papalah sabar menunggu dikit lagi pun yang dari kecambah sampai berbunga tertunggu hhehehe.
 
Gambar.XIII
Akhirnya tanaman kacang saya sudah berbuah,saya senang sekali,akhirnya saya bias petik atau panen juga tanaman yang saya tanam hmmm,uztad makasihya sudah banyak mengajarkan banyak hal melalaui tugas yang ustadz berika ini,kesabaran terlatih,dll,semoga ini bias bermamfaat untuk saya Rezki Amel uztad Aminnnn.
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar